وَلِلْجَزْمِ عَلَامَتَانِ السُّكُونُ، وَالْحَذْفُ
فَأَمَّا السُّكُونُ فَيَكُونُ عَلَامَةً لِلْجَزْمِ فِي الْفِعْلِ الْمُضَارِعِ الصَّحِيحِ الْآَخِرِ
وَأَمَّا الْحَذْفُ فَيَكُونُ عَلَامَةً لِلْجَزْمِ فِي الْفِعْلِ الْمُضَارِعِ الْمُعْتَلِّ الْآَخِرِ، وَفِي الْأَفْعَالِ الْخَمْسَةِ الْتِي رَفْعُهَا بِثَبَاتِ النُّونِ
TANDA-TANDA I'ROB JAZM
Bagi i'rob jazm memiliki dua tanda, yaitu [1] sukun, Dan [2] hadzfu (membuang).
Adapun sukun, menjadi tanda bagi I'rab jazm berada pada fi’il yang shohih akhirnya.
Adapun al hadzfu (membuang), menjadi tanda bagi I'rab jazm berada pada fi’il mudhari yang mu’tal akhirnya dan af'alul khomsah yang rafa’nya dengan "tsubuutu-Nun" (tetap nun)