Nahwu : Hukum mempelajari ilmu nahwu


Nama lain ilmu nahwu di pondok-pondok pesantren adalah ilmu alat, atau ilmu yang fungsinya sebagai sarana untuk mempelajari ilmu lain seperti fiqih ilmu tauhid dll, yang notabene semuanya adalah bahasa arab.

Tapi sebenarnya yang terpenting dari mempelajari ilmu nahwu adalah untuk memahami alqur’an dan hadist, yang keduanya tidak akan di pahami bila kurang salah satu dari ilmu yang perlu di pelajari yaitu ilmu nahwu.

Dan mengenai hukumnya seperti yang dijelaskan dalam qoidah ushul fiqih

الوسائل لها أحكام المقاصد

"Hukum suatu sarana sesuai dengan hukum tujuannya"

Mempelajari ilmu Nahwu & Shorof adalah fardu kifayah. Namun kemungkinan mempelajari ilmu ini bagi sebahagian orang tertentu menjadi wajib, maka dengan demikian itu hukumnya adalah fardu ‘ain bagi orang demikian.

Keterangan dalam kitab kawakib durriyah, syarah dari kitab jurumiyah

ويعد علم النو من اكثر علوم العربية ارتباطا بالشريعة الإسلامية وأشدها تداخلا فيها، فهو شرط في رتبة الإجتهاد، ومغرفته فرض كفاية، قال الرازي في المحصول اعلم أن معرفة اللغة والنحو والتصريف فرض كفاية لأن معرفة الأحكام الشرعية واجبة بالإجماع، ومغرفة الأحكام بدون معرفة أدلتها مستحيل، فلا بد من معرفة أدلتها، والأدلة راجعة إلى الكتاب والسنة، وهما واردان بلغة العرب ونحوهم وتصريفهم فإذن توقف العلم بالأحكام على الأدلة، ومعرفة الأدلة تتوقف على معرفة اللعة والنحو والتصريف. وما يتوقف على الواجب المطلق، وهو مقدور للمكلف، فهو واجب فإذن معرفة اللغة والنحو والتصريف واجبة

"Dan telah kembali ilmu nahwu dari kebanyakan ilmu bahasa arab yang di batasi dengan syariat islam, dan paling berat masuk pada syariat islam, maka ilmu nahwu adalah syarat untuk ijtihad, dan hukumnya adalah fardhu kifayah, imam razi berkata di dalam hasil mempelajari ilmu bahasa, nahwu, dan tashrif adalah fardhu kifayah karena mengetahui hukum-hukum syar'i adalah wajib menurut ijma'

Wallahua'lam

Smoga bermanfaat

Share: