بَابُ عَلاَمَاتِ النَّصْبِ
BAB ALAMAT I'ROB NASHOB
ALAMAT I'ROB NASHOB
لِلنَّصْبِ خَمْسٌ وَهْيَ فَتْحَةٌ أَلِفْ ¤ كَسْرٌ وَيَاءٌ ثُمَّ نُونٌ تَنْحَذِفْ
Tanda-tanda I’rob Nashob ada Lima [1] Fathah, [2] Alif, ¤ [3] Kasroh, [4] Ya', Kemudian [5] Membuang Nun (Hadzfun nun)
"FATKHAH" MENJADI TANDA I'ROB NASHOB
"FATKHAH" MENJADI TANDA I'ROB NASHOB
فَانْصِبْ بِفَتْحٍ مَا بِضَمٍّ قَدْ رُفِعْ ¤ إِلاَّ كَهِنْدَاتٍ فَفَتْحُهُ مُنِعْ
Nashobkanlah dengan fathah pada lafadz-lafadz yang di baca dhomah ketika di rofa’kan ¤ kecuali semisal lafadz هندات (jama’ muanas salim) yang tidak boleh di baca fatkhah.
Maksudnya :
Fathah menjadi tanda I'rob nashob berada pada, Isim Mufrod, jama' taksir, dan fi'il yang mu'rob (mudhori') yang kemasukan amil nawashib.
"ALIF" DAN "KASROH" MENJADI TANDA I'ROB NASHOB
Maksudnya :
Fathah menjadi tanda I'rob nashob berada pada, Isim Mufrod, jama' taksir, dan fi'il yang mu'rob (mudhori') yang kemasukan amil nawashib.
"ALIF" DAN "KASROH" MENJADI TANDA I'ROB NASHOB
وَاجْعَلْ لِنَصْبِ الخَمْسَةِ الأسْمَا أَلِفٌ ¤ وَانْصِبْ بِكَسْرٍ جَمْعَ تَأْنِيثٍ عُرِفْ
Jadikan alif sebagai tanda I’rob nashobnya asmaul khomsah ¤ dan nashobkanlah jama’ muannas salim dengan kasroh
"YA" MENJADI TANDA I'ROB NASHOB
"YA" MENJADI TANDA I'ROB NASHOB
وَالنَّصْبُ فِي الاِسْمِ الَّذِي قَدْ ثُنِّيَا ¤ وَجَمْعِ تَذْكِيرٍ مُصَحَّحٍ بِيَا
I’rob nashobnya isim tasniyah ¤ dan jama’ mudzakar salim adalah memakai ya’
"MEMBUANG NUN (HADZFUNNUN) MENJADI TANDA I'ROB NASHOB
"MEMBUANG NUN (HADZFUNNUN) MENJADI TANDA I'ROB NASHOB
وَالْخَمْسَةُ الأفْعَالُ حَيْثُ تَنْتَصِبْ ¤ فَحَذْفُ نُونِ الرَّفْعِ مُطْلَقاً يَجِبْ
Af’alul khomsah ketika di baca Nashob ¤ Maka wajib dengan membuang nun rofa’ secara mutlak