بَابُ المَعْرِفَةِ وَالنَّكِرةِ
BAB MA'RIFAT DAN NAKIROH
DEFINISI ISIM NAKIROH
وَإِنْ تُرِدْ تَعْرِيف الاِسْمِ النَّكِرَهْ ¤ فَهْوَ الَّذي يَقْبَلُ أَلْ مَؤَثِّرَهْ
Dan jika kamu ingin mengetahui pengertian isim nakiroh ¤ maka pengertianya adalah isim yang bisa menerima Al (ال) muatssaroh (Al yang memberikan bekas)
ISIM MA'RIFAT DAN MACAM-MACAM NYA
--
[1] ISIM DHOMIR
ISIM MA'RIFAT DAN MACAM-MACAM NYA
--
[1] ISIM DHOMIR
وَغَيرُهُ مَعَارِفٌ وتُحْصَرُ ¤ فِي سِتَّةٍ فَالأَوَّلُ مُضْمَرُ
Dan selain isim nakiroh disebut isim ma’rifat dan di bagi ¤ 6 (enam) yang pertama [1] isim dhomir
يُكْنَى بِهِ عَنْ ظَاهِرٍ فَيَنْتَمِي ¤ لِلْغَيْبِ والْحُضُورِ والتَّكَلمِ
isim yang di buat kinayah dari isim dzohir, maka isim dlomir ada yang menunjukan ¤ ghoib, hadlir dan takalum
PEMBAGIAN ISIM DHOMIR
PEMBAGIAN ISIM DHOMIR
وَقَسَّمُوهُ ثَانياً لِمُتَّصِلْ ¤ مُسْتَتِرٍ أَوْبَارِزٍ أَوْ مُنْفَصِلْ
Dan ulama' nahwu membagi dhomir menjadi 2 yaitu [1] dlomir muttasil---> ¤ --->mustatir dan muttasil baris serta [2] dlomir munfasil
[2] ISIM 'ALAM
[2] ISIM 'ALAM
ثَانِي المَعَارِفِ الشَّهِيرُ بِالْعَلَمْ ¤ كَجَعْفَرٍ وَمَكَّةٍ وَكَالحَرَمْ
kedua isim ma’rifat adalah [2] isim alam ¤ seperti lafadz جعفر (nama orang), مكـــة (nama tempat), الحرم (julukan tempat bagi Mekah dan Madinah) --->
وَأُمُّ عَمْرٍو وَأَبي سَعِيدٍ ¤ وَنَحْوِ كَهْفِ الظُّلْمِ وَالرَّشَيْدِ
---> dan ام عــــــــــمر dan ابى سعيد (kunyah orang) ¤ كَهْفِ الظُّلْمِ (julukan), رَّشَيْدِ (julukan)
MACAM-MACAM ISIM 'ALAM.
---
DEFINISI ALAM KUNYAH
MACAM-MACAM ISIM 'ALAM.
---
DEFINISI ALAM KUNYAH
فَمَا أَتَى مِنْهُ بِأُمٍّ أَوْ بِأَبْ ¤ فَكُنْيَةٌ وَغَيْرُهُ اسْمٌ أَوْ لَقَبْ
Maka afadz yang di sandarkan pada lafadz اب atau ام ¤ maka disebut [1] alam kun-yah selain itu di sebut [2] 'alam asma atau [3] 'Alam laqob
DEFINISI 'ALAM LAQOB DAN 'ALAM ASMA'
DEFINISI 'ALAM LAQOB DAN 'ALAM ASMA'
فَمَا بِمَدْحٍ أَوْ بِذَمٍّ مُشْعِرُ ¤ فَلَقَبٌ وَالاِسْمُ مَا لاَ يُشْعِرُ
Kemudian Isim yang menunjukan sanjungan atau hinaan ¤ di sebut alam laqob, dan alam asma tidak menunjukan makna hinaan sanjungan (Nama biasa)
[3] ISIM ISYAROH DAN [4] ISIM MAUSHUL
[3] ISIM ISYAROH DAN [4] ISIM MAUSHUL
ثَالِثُهَا إِشَارَةٌ كَذَا وَذِي ¤ رَابِعُهَا مَوْصُولُ الاِسْمِ كَالَّذِي
Yang ke tiga dari isim ma’rifat adalah [3] isim isyaroh seperti lafad ذا dan ذى ¤ yang ke empatnya isim ma’rifat adalah [4] isim maushul seperti lafadz الَّذِي
[5] ISIM YANG DI MA'RIFAT KAN DENGAN أَلْ
[5] ISIM YANG DI MA'RIFAT KAN DENGAN أَلْ
خَامِسُهَا مُعَرَّفٌ بِحَرْفِ أَلْ ¤ كَمَا تَقُولُ فِي مَحَلِّ المَحَلْ
Yang ke lima isim ma’rifat adalah [5] isim yang di ma’rifatkan dengan huruf ال ¤ sebagaimana ucapan kamu pada lafad محل menjadi المَحَلْ
[6] ISIM YANG MA'RIFAT SEBAB MUDHOF DENGAN ISIM MA'RIFAT
[6] ISIM YANG MA'RIFAT SEBAB MUDHOF DENGAN ISIM MA'RIFAT
سَادِسُهَا مَا كَانَ مِنْ مُضَافِ ¤ لِوَاحِدٍ مِن هذِهِ الأَصْنَافِ
Yang ke enam isim ma’rifat adalah [6] isim yang di mudhofkan ¤ pada salah satu golongan isim ma’rifat di atas
كَقَوْلِكَ ابْنِي وَابْنُ زَيْدٍ وَابْنُ ذِي ¤ وَابْنُ الَّذِي ضَرَبْتُهُ وَابْنُ الْبَذِي
Seperti ucapanmu ابْنِي (Mudhof dengan Isim dhomir), َابْنُ زَيْدٍ (Mudhof dengan Isim 'alam), ابْنُ ذِي (Mudhof dengan Isim isyaroh), ¤ ابْنُ الَّذِي ضَرَبْتُه (Mudhof dengan isim maushul) dan ابْنُ الْبَذِي (Mudhof dengan Isim yang kemasukan ال.